Hai, Miiko! manga

miikocover ver japan         Hai, Miiko! adalah manga yang bercerita tentang gadis kelas 5 SD yang bernama Yamada Miiko beserta dengan teman-temannya. Sebenarnya ada versi terdahulu dari Hai, Miiko! ini, judulnya Namaku Miiko! tapi hanya sampai jilid 4 saja. Isi ceritanya sama, tapi di jilid 1 Miiko dan teman-teman masih duduk di kelas 4 SD. Saat ini komik Hai, Miiko! ini sudah sampai jilid 25 dan diceritakan dalam Miiko Fanbook kalau Miiko sudah kelas 5 SD. Dan cerita Hai, Miiko! Sendiri juga menceritakan kehidupan sehari-hari loh…, tentang seorang gadis cilik yang tingginya kurang lebih 122cm.

Karakter

Yamada Miiko = pemeran utama di komik ini. Dia lahir tanggal 5 Mei di Tokyo. Temannya banyak, lho! Dia juga memiliki banyak lawan dan musuh. Terkadang Miiko sangat polos, ia tidak tahu kalau Tappei dan Yoshida menyukainya. Tetapi, kalau Miiko disinggung-singgung soal pacar, Tappei-lah yang ada diingatan Miiko. Ia diperankan oleh Aki Toyosaki.

Eguchi Tappei =Teman sekolah Miiko yang sangat sayang pada Miiko, perasaan cinta dan sayangnya sangat besar sehingga tiap kali bertemu Miiko, pipinya kemerahan menahan malu. Ia termasuk anak yang tinggi di kelasnya (158 cm). Ia agak kasar tapi sebetulnya baik hati, tapi tak pernah bisa bicara dengan tulus. Tappei termasuk anak yang disukai cewek-cewek di kelasnya. Tappei jago dalam cabang olahraga apa saja, ia suka bermain basket dan baseball. Ia bersahabat dengan Kenta. Ia adalah teman Miiko saat masih kecil. Ia diperankan oleh Yukiko Tamaki.

Shimura Mari = Sahabat Miiko, ia lebih tinggi 8 cm dari Miiko tapi ia lebih gemuk. Keras kepala, tak mau kalah, ngomongnya blak-blakan tapi setia kawan. Mari bercita-cita menjadi komikus dan ia mengikuti kelas komik, ia tak pernah putus asa meski karyanya ditolak dan ia harus menetap di kelas C. Mari adalah anak bungsu dari 3-bersaudara di keluarganya. Ia diperankan oleh Rie Kugimiya.

Ogawa Yuuko (panggilan Yukko) = Sahabat Miiko dan Mari, Yukko baik, pendiam, sabar, penuh perhatian dan suka mengurus orang, ia juga terampil membuat kerajinan tangan dan pintar masak. Ia pacaran dengan Kenta, teman sekelasnya.

Satou Kenta = Anak pemilik bakery Satou, ia pacar Yukko. Kenta orangnya keren, hebat, ceria dan sopan. Dan Suka berusaha mendekatkan Miiko dan Tappei

Yoshida Ikuya = Murid teladan di kelas,sangat menyukai Miiko. Yoshida orang yang pendiam, jago Race Tin, dan sangat pintar. Ia juga dekat dengan Mari-chan. Akan tetapi anehnya sang komikus malah menambahkan tokoh baru bernama Nakazawa yang juga dekat dengan Mari. Yoshida menganggap Tappei adalah rivalnya dalam merebut cinta dan perhatian Miiko, namun Miiko lebih nyaman dan bahagia bersama Tappei ketimbang Yoshida, walaupun Yoshida itu sifatnya lembut,baik,dan sangat perhatian dengan Miiko.

Keluarga Yamada

Yamada Kousuke = Ayah Miiko. Papa Miiko bekerja sebagai wartawan tabloid mingguan

Yamada Rie = Ibu Miiko. Sangat sering memarahi Miiko. Tapi sebenarnya ia sangat menyayangi Miiko. Bekerja sebagai editor komik Ocha.

Yamada Mamoru= Adik Miiko yang lebih Muda 1 tahun dari Miiko. Dia selalu membantu di rumah. Pacarnya adalah Yuka-chan

Yamada Momo = anak ketiga keluarga Yamada. Berusaha agar dapat membuat senang keluarga.

Keluarga Eguchi

Eguchi Ryouhei = Ayah Tappei. Bekerja sebagai kameramen. Dulu pernah hampir bercerai dengan Makiko, tapi tidak jadi.

Eguchi Makiko = Ibu Tappei yang punya toko kelontong bernama Lazy Moon.

Tokoh lain

Morimoto Nozomi = Teman sekelas Miiko yang jago gambar tapi kena penyakit kanker. Berkat dukungan Miiko, Yukko dan Mari-chan, Nozomi akhirnya sembuh dan kembali ke sekolah.

Matsumoto Kaoru = Teman sekelas Miiko, ia hanya tinggal dengan ayahnya. Bermasalah dengan ukuran badannya yang besar, untung saja ia berhasil mengatasinya dengan bantuan Miiko.

Hamamoto (Morimoto) Kurumi (Panggilan Kurumi-Chan) ia adalah murid kelas 1 yang tak punya teman, berkat dukungan Miiko, akhirnya ia punya teman. Ia adalah adik Nozomi.

Takahashi Yasuko “Yakko” = Teman sekelas Miiko yang selalu bicara terus terang, kadang membuat beberapa orang marah. Dia dipanggil Yat-chan di jilid pertama.

Akane Tatsuya = Teman sekelas Miiko, muncul di Hai Miiko jilid 19 dan jilid 22.

Tanimura Miho = Teman sekelas Miiko yang sangat menyukai Tappei, ia iri dengan kedekatan Miiko dan Tappei yang membuatnya tidak terlalu suka dengan Miiko. Miho orang yang sangat feminin dan modis. Ia selalu berusaha mendekati Tappei. Tapi Tappei tidak punya perasaan apa-apa terhadap Miho.

Nomura Yoshiki = Teman sekelas Miiko, ia bercita-cita jadi sutradara film. Ia menyukai Miho dan berjuang agar Miho bisa mendekati Tappei hanya untuk melihatnya tersenyum. Yoshiki agak kasar tapi orangnya serius.

Kobayashi Yuka = pacar-nya Mamoru, orangnya sangat feminin dan modis. Pernah berubah penampilan menjadi tomboy gara – gara Miiko

Oonishi Sensei = Wali kelas Miiko, tegas tapi penyayang. Suka kerajinan keramik.

Uranai = Teman sekelas Miiko yang suka meramal dan semua ramalannya benar-benar terjadi. Kurang bisa olahraga dan yakin ia bakal kalah saat ikut lomba “Essahoisa”, tapi Miiko meyakinkan dia bahwa dia bisa ‘mengubah nasib’ dengan berusaha.

Izawa = Teman sekelas Miiko, ia juga jago gambar. sedikit ketus dan pernah mempunyai masalah dengan Yoshiki tetapi sebenarnya baik.

Aoyama = Teman sekelas Miiko yang pernah disukai Mari di jilid 1. Tapi ia pindah ke Amerika

Watanabe = Teman sekelas Miiko, suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Ryoshi, temannya.

Masanori Ryoshi = Teman sekelas Miiko yang paling berisik dan suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Watanabe, temannya.

Nakazawa Takuto = Anak klub komik yang seumur dengan Miiko, ia menyukai Mari. Tidak tertarik pada olahraga.

Ootomo Takaaki = Atlit lari kelas 6 yang awalnya malas-malasan ikut lomba lari estafet. Karena Miiko, ia memenangkan lomba. Di Miiko jilid 4

Takashi Shouma = Murid kelas 2 SD jago olahraga. Ia cukup sombong & suka main pukul.

Pada umumnya, cerita ini menggambarkan keseharian anak SD yang ceria dan polos. Namun, tentu saja diselingi oleh kisah percintaan Miiko dan Tappei (sebetulnya mereka berdua saling suka, tapi masih malu-malu)Miiko_by_awe07

Miiko nanti punya adik, lho!! Namanya Momo!

Sang pengarang sangat pandai menggambarkan situasi yang dapat membuat pembaca tersenyum, bahkan tertawa melihat kepolosan tokoh-tokohnya . Manga ini dikarang oleh Ono Eriko.

dan di setiap komik,selalu ada bonus cerita yang mengkisahkan sang pembuat komik

Komik Hai Miiko membuktikan bahwa kehidupan sehari-hari pun cukup menarik untuk diangkat ke dalam sebuah komik. Tidak perlu berbagai tema fantastik ataupun monster-monster imajinatif dan pertarungan futuristik untuk menciptakan komik yang menarik. Bahkan dengan mengangkat tema kehidupan sehari-hari, nilai edukatif bisa dicapai dengan baik.
Tokoh utama komik ini adalah Yamada Miiko, anak perempuan kelas 5 SD di Jepang. Miiko menjalani hari-harinya bersama ayah dan ibunya serta Mamoru, adiknya. Layaknya anak SD pada umumnya, Miiko juga memiliki seorang sahabat karib bernama Mari Shimura, anak yang terobsesi untuk menjadi pengarang komik terkenal. Ada pula Yuuko Ogawa, anak perempuan yang sangat dewasa, yang terkadang menjadi sosok ibu bagi Miiko dan Mari.
Seperti anak SD lain, masalah yang dihadapi Miiko juga berkisar pada pelajaran sekolah, uang jajan, persahabatan, dan cinta. Tokoh lain yang cukup menaruh perhatian pada Miiko adalah Tappei Eguchi. Walaupun sering menjahili Miiko, perlahan tapi pasti tumbuh rasa sayang dalam diri keduanya.
Jika anda merasa bosan dengan komik bertema peperangan dan pertarungan, Hai Miiko bisa menjadi sebuah alternatif yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s