The Serpent’s Shadow ; Rick Riordan

Apa Jadinya Jika Percy Jackson dan Carter Kane Bersatu?

fdhkhjk

Rick Riordan, penulis buku laris “Percy Jackson and the Olympians”, memutuskan untuk mengabulkan permintaan para penggemarnya dan mempertemukan Percy Jackson dengan Carter Kane dalam satu kisah sendiri. Cerita pendek yang diberi nama “The Son of Sobek” itu akan tampil sebagai bonus dalam buku ketiga “The Kane Chronicles: The Serpent’s Shadow”, Mei mendatang.

“Sedikitnya sekali dalam sehari aku mendapatkan pertanyaan dari penggemar, ‘Apa kau akan menggabungkan kedua seri itu?’”, ucap Rick Riordan. Akhirnya, ia memutuskan untuk mencoba mempertemukan mereka. “Ada begitu banyak dewa-dewa dan karakter dalam bukuku,” tuturnya. Lalu, ia memutuskan untuk memilih dua tokoh yang menurutnya paling dikenalnya. Rick memilih Percy dan Carter, yang menurutnya menggambarkan dua sisi berbeda dari dirinya.

“Percy dan Carter adalah batu ujian buatku. Mereka menggambarkan dua sisi yang sangat berbeda dari diriku. Carter adalah sosok yang bijaksana dan berhati-hati, sementara Percy tidak sabaran dan sarkastis. Aku memulai eksperimen dengan bagaimana jadinya jika aku menyatukan mereka dan membuat mereka bergabung untuk melumpuhkan musuh-musuh mereka.”

Riordan berkata bahwa dia puas atas hasil eksperimen yang dilakukannya, dan berharap pembaca setianya turut menikmatinya. “Aku membayangkan mereka akan meminta lebih dan mulai bertanya ‘Mana lanjutannya? Kenapa hanya cerpen saja?’”. Namun, Riordan masih belum memutuskan apakah Carter dan Percy akan muncul bersama lagi di karyanya berikutnya.

“Mungkin saja. Aku senang dengan ide itu, dan aku selalu sengaja menciptakan sebuah ruang untuk menciptakan petualangan lainnya untuk karakter-karakterku. Permasalahanku bukan pada ide. Aku memiliki banyak sekali ide, dibandingkan dengan waktuku untuk menulis. Masalahnya adalah seberapa banyak aku bisa melakukannya, dan bagian mana yang paling diinginkan oleh pembaca.”

Dengan banyaknya tokoh dalam seri yang sedang digarapnya, bagaimana cara Riordan agar tetap berada di jalurnya? Ia menjawab bahwa ia harus sangat hati-hati. Para pembacanya sangat memperhatikan berbagai detail, dan jika ia membuat satu kesalahan, mereka akan menyadarinya. Satu hal yang membantunya adalah dengan tetap berpegangan pada inspirasi asli tokoh-tokohnya. Jadi, Riordan selalu memperhatikan struktur mitologi yang menjadi inspirasinya.

“Aku memang bersenang-senang dengan mitos-mitos itu, misalnya saja dengan mengganti atmosfernya menjadi dunia modern. Tapi struktur mitos, monster-monster, serta hubungan antara dewa-dewa, semuanya tidak ada yang dibuat-buat.” Strategi inilah yang memberinya kepercayaan diri selama bertahun-tahun. Riordan bercerita bahwa ia pernah mendapatkan sebuah surat dari salah seorang pembaca Percy Jackson yang kini telah menjadi mahasiswa. Di surat itu, penggemarnya bercerita bahwa ia lulus ujian berkat buku Percy Jackson yang dibacanya ketika masih remaja dulu.

Buku Percy Jackson dan The Kane Chronicles telah terjual lebih dari 33 juta copy di Amerika Serikat saja. Kini, pembaca setia Rick Riordan sedang menantikan buku terakhir The Kane Chronicles yang akan terbit Mei mendatang, dan buku keempat The Heroes of Olympus, “The House of Hades” yang akan terbit 8 Oktober mendatang. Tidak hanya itu, mereka juga akan dimanjakan karena film “Percy Jackson and the Olympians: The Sea of Monsters”  akan hadir di layar lebar bulan Agustus mendatang.

Masih belum puas? Rick Riordan, yang akan menjadi pembicara dalam Children’s Book dan Author Breakfast di acara BookExpo Amerika, menyatakan bahwa ia telah menyiapkan beberapa hal untuk para pengujung. Salah satunya adalah memberikan sedikit bocoran tentang “House of Hades”, buku keempat The Heroes of Olympus. Wah, tahun ini sepertinya akan menjadi tahun yang sibuk bagi Rick Riordan dan tahun yang menyenangkan bagi para pembaca setianya. [Tika/Mizan.com/Sumber: Publishers Weekly]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s